Loe loe pada pasti pernah mengalami suatu masa dimana loe merasa setress, depresi, bad mood, atau apa lah yang pasti suatu keadaan yang paling ngak loe semua harepin terjadi pada loe semua. Tapi anehnya setelah setrees kita hilang pasti keadaan itu akan terulang lagi, lagi, dan lagi. Naluri spekulasi liar gw berusaha untuk mengkorelasikan antara setress ama Istiqamah.

Oke kita perlu tau dulu apa itu setress???? Menurut gw setreess/bad mood/depressi adalah suatu kondisi psikologis yang umumnya dihadapi oleh seseorang setelah merasa terbebani dengan sesuatu. Kecuali loe setress sejak lahir (edan) itu mah udah dari sononya he he heee…. Serius lagi, ya itu definisi setress menurut gw based on my own experiences. Dari pengalaman2 setress2 selama hidup gw, bisalah gw ambil kesimpulan bahwa:

1. Setress itu berulang, lagi, lagi, dan lagi.

2. Setress itu bagian dari ujian dari Allah SWT untuk seorang hamba. Kata ustad gw, Allah SWT tidak akan begitu saja membiarkan hamba-Nya menyatakan dirinya sebagai seorang mu’min tanpa memberikan mereka ujian2.

3. Waktu setress pikiran loe melayang kemana2, Loe mulai berfikir bahwa semua yang pernah loe kerjain itu salaaah.

4. Waktu setress, kepala loe beraaaat banget, senyum ngak keluar, bawaannya pengen marah2, lebih sensitive, loe ngangep semua orang itu salah.

5. Waktu setress loe pengen lari, tapi loe ngak tau harus lari kemana?

6. Waktu setress, loe pengen curhat tapi ngak tau musti curhat ke siapa?

7. Waktu setress loe pengeeeen bangeet kembali ke masa lalu dan memperbaiki semuanya!!!

Heeeeee….. susah ya kalo setress!!!

Dan apa itu istiqama ???? istiqamah paling deket ama konsisten, kesinambungan, komitmen, dan usaha untuk selalu berada pada jalur yang benar (sesuai dengan apa yang seharusnya)

Kenapa gw hubungin setress ama Istiqamah???

الإيمان يزداد و ينقص يزداد بالعبادة وينقص بالمعصية

“Iman itu terkadang bertambah (naik) dan terkadang berkurang (turun), dia bertambah dengan amal ibadah dan berkurang dengan perbuatan maksiat”

Tau ngak sih loe, kalo kita cermatin dari phrase diatas kita bisa simpulkan, kalo loe semua pada setress berarti loe semua lagi kebanyakan maksiat kali ????? Makanya kita harus cepet2 tobat… heeee….

He he he…. Bercanda gw, gini gini disini gw cuman mau bilang, bedasarkan pengalaman gw pas gw depresi atau setress pasti gw lagi jauh sama Allah. Its true man! Semua ringan ketika kita dekat dengan Allah, seakan2 ada yang membawa semua beban kita. Nah apa hubungannya dengan istiqama?

Gini sob, dalam ushul fiqh juga ada hokum seperti ini:

الأصل في الأمر يحتاج إلي التقرير

“perintah itu perlu untuk terus diulang-ulang”

Seolah-olah Allah itu paham kalau Allah itu paham kalo umah-Nya butuh untuk selalu diingatkan untuk mengerjakan semua perintahnya. Atau seingkatnya iman kita sering kali naik turu….. Kenapa shalat wajib harus 5 kali ? kenapa puasa harus berjam-jam ? kenapa perintah shalat dan zakat ada 25 kali ? kenapa ngak cuman sekali aja ??? mungkin Allah terlalu sayang kepada umat-Nya, Dia ingin selalu mengingatkan hamba-hamba-Nya.

Ini pertanyaan yang harus loe jawab ketika lagi setrss :

1. Bagaimana shalat fardlu anda ?

2. Kalo udah shalat, bagaimana jam’ah anda ?

3. Duit loe habis ya?

4. Baca qur’an ngaaak hari ini?

5. Pernah nyoba tahajud atau dhuha misalnya ? atau shalat fajar ???

Heeeeem setelah taqarrub ilallah, berikut adalah cara2 praktis menghilangkan setress :

1. Shooping karna gw cowok biasanya kalo setress gw ke gramedia, social agency, toga mas, distro langganan gw, cinema 21, café, kegunung, toko roti, beli coklat, ke amplas, malbor, galleria, beli froyo, atau apa aja lah…. Pokoknya semua kegiatan yang menghabiskan duiiit. Ngak tau ya pokoknya kalo setress dan lagi punya duit pasti langsung cabut ke manaa aja buat ngehabisin duit, gesek2 kartu bodo amat kartu gw apa kartu belanja nyokap. Yang jelas setelah ngehabisin duit, sampek kamar pasti kepala langsung ringaaan…. Serasa melayang.

2. Kalo lagi ngak da duit….. hah derita loe lah!!!!! Udah setress ngak ada duit pula!!!!! Haduuuuuh….. makanya sisihkan dana beberapa persen untuk kondisi yang tak terduga seperti kondisi setress.

3. Jalan2 ke luar rumah, perhatikan dan bacalah apa yang loe semua lihat…… Betapa loe lebih beruntung dari anak2 jalanan, pengemis, gelandangan2 yang cacat, bayi2 yang dipakai buat alat mengemis, orang-orang cacat, buta, bisu, tuli,??? Betapa masih banyak orang2 yang lebih kurang beruntung disbanding loe semua. Dan betapa beruntungnya loe semua yang masih sehat, punya orang tua, bisa jalan2, bisa merasa bahwa loe semua lebih beruntung dari mereka2 yang loe lihat.

4. Bercermin bila wajhmu tetep kusut lebih dari 2 hari, segera hubungi RSJ terdekat……