Beberapa jam lalu gw nonton filem ne…. Dulu sebelum filem ini dibuat, gw sempet diceritain ama siapa gw juga lupa. Jikalau, di jepang ada seekor anjing yang sangaat setia kepada tuannya. Dan syukur lah kisah itu difilemkan dan udah gw tonton tadi siang. Kisah ini tentang seekor anjing jepang jenis Akita, seekor anjing raas tinggi di jepang. Konon persahabatan manusia dengan anjing dimulai dari rass Akita. Anjing Akita adalah raas unggulan yang dipelihara bukan sekedar untuk teman bermain bola atau lempar2an ragby. Lebuh dari itu anjing ini adalah simlol loyalitas, cinta dan persahabatan yang tak lekang oleh waktu. Kisah berawal dari pengiriman anjing Akita kecil (HACHI) yang berakhir dengan pertemuan san Hachi kecil dengan seorang Profesor disekolah musik di US. Sang profesor menemukan Hachi distasion saat hendak pulang ke rumahnya. Pada awalnya sang profesor enggan untuk membawa Hachi pulang kerumah, karna dia sadar bahwa istrinya tidak terlalu suka dengan anjing. Namun melihat kedekatan Hachi dengan suaminya dia pun mulai luluh dan menerima Hachi menjadi bagian dari keluarga.

Hachi kecil tumbuh dewasa, diapun sudah terbiasa mengantar dan menjemput sang Profesor ke setasion kereta. Pagi Hachi mengantar sang profesor ke stasion dan sebelum jam 05:00 sore ketika dia mendengar suara kereta api dia bergesgas menjemput sang Profesor. Persahabatan mereka membuat seluruh kota kagum dan menjadikannya buah bibir.

Hingga suatu hari sebelum sang profesor pergi meninggalkan rumah, hachi berusaha mencegah tuannya keluar rumah. Seakan-akan dia sudah bisa melihat  dan merasakan bahwasannya hari itu adalah hari terakhir dia melihat tuannya. Dan hari itulah untuk pertama kalinya dia mau bermain bole dengan sang Profesor.

Pada hari itu sang profesor meninggal saat mengajar, dan tak pernah kembali kerumah. Hachi tetap menuggu dan menunggu. Hingga lebih dari 10 tahun dia menunggu di depan stasion kereta tempat biasannya sang tuan muncul pulang dari kerjanya.

HIks….HIks…..