Salah satu jalan untuk mengaktualisasi visi dan misi UMY sebagai The Leading and Enlightening Islamic University di Indonesia adalah dengan membuka International Program of Islamic Economics and Finance (IPIEF). Program international yang baru dibuka tahun lalu ini (2009) mendapat sambutan hangat dari berbagai sekolah menengah umum, madrasah ‘aliyah, dan pondok pesantren. Hal tersebut dapat dilihat dari jumlah mahasiswa yang sekarang terdaftar sebagai mahasiswa aktif dalam program ini sejumlah 11 mahasiswa.

“Untuk ukuran sebuah program International yang baru dibuka tahun lalu ini, 11 mahasiswa sudah merupakan awal yang baik dan cukup memuaskan bila dibandingkan dengan program international lain baik di lingkungan UMY ataupun di kampus-kampus lainnya.” (Dr. Masyhudi Muqarrabin., S.E.,M.Si) the director of IPIEF

Pada hari ini IPIEF yang merupakan bentuk kerjasama UMY dengan UNAIR dan KEMNES IIUM mengaktualisasikan MoU dengan salah satu Pondok Modern terbesar di Indonesia yaitu Gontor. MoU ini terjalin setelah IPIEF menggalakkan promosi ke berbagai sekolah menengah dan pondok pesantren favorite lainnya. MoU ini telah diajukan ke Rektorat pada hari ini dan rencananya IPIEF akan membukan stan pendaftaran di PM Darussalam Gontor beberapa hari kedepan.