Halo agan-agan sekalian, sebenarnya udah bosen banget neh gw ngebahas masalah yang satu ini “MLM” Multi Level Marketing Ya Sudahlah….. Berangkat dari beberapa sahabat gw yang secara ndak sadar masuk lingkungan MLM dan menurut gw menderita kerugian yang lumayan besar untuk ukuran mahasiswa. Untuk saat ini gw ndak bakal mendefinisikan apa sih sebenarnya MLM? macam-macam MLM, takhnis MLM, dan hal2 yang berbau teori2 definitif dan kontroversi didalamnya. Gw menganggap agan2 ini udah tau lah apa sih sebenarnya MLM, dan hallooo….. udah basi kali ngebahas MLM hari gini 2010 men…. tapi ya masih aja sahabat2 dekat gw ada yang terpengaruh dan suffering some loss…..

Yang ndak gw suka dari MLM2 yang menjamur tapi sudah basi hari gini adalah:

1. Mennyasar pelajar dan mahasiswa yang merupakan agent of change, mulai memasukkan doktrin2 entepreneurship yang salah kaprah yang mbuat teman2 gw lupa dengan tugas utama seorang mahasiswa yaitu belajar dan as the agent of change.

2. Menggunakan network pertemanan, dengan dalih mengajak mandiri seorang recruiter (yang hunting anggota baru untuk meningkatkan his/her rate, biar dapet point bonus) tanpa perasaan membodohi teman nya agar masuk MLM dengan bantuan dia. Istilah kasarnya “seolah menjadi pahlawan besar yang membukakan jalan buat temen padahal, the first priority is to get his own interest with others money”

3. Intimidasi oleh sales MLM yang kerap kali dengan dalih awal mengadakan seminar gratis menyongsong masa depan yang lebih cerah, kemudian membagi seminar pleno tersebut menjadi komisi2 kecil yang rata2 2-3 calon korbannya akan diintimidasi beberapa orang +- 4-6 orang untuk melakukan brain storming dan doktrinisasi, tujuannya ya supaya rela mengeluarkan uang mereka agar joint label mereka.

4. Iming2 hadiah yang spektakuler yang bullshit bangeeeeeeeet…….. kapal pesiar lah, BMW, jalan2 ke hong kong, keliling dunia, vila megah, rumah mewaaah yang sangat menggiurkan tapi come on!!! that totally irasional and impossible to be gained.

Oke dari gw buat agan2 yang interested with MLM apalah nama dan lebelnya: misalnya:……… SENSOR  ada beberapa hal yang harus diperhatikan:

1. dalam hukum islam bab jual beli ada beberapa precondition yang harus dipenuhi: 1. penjual dan pembeli, 2. barang yang dijual, 3. serah terima (jadi buat agan2 yang mau joint MLM cek dulu ada barang yang diperjual belikan ndak???? jangan2 agan2 lagi digiring utuk masuk ke MLM yang menjual membership/membercard doang…. ahahhahak… ti hati yak…

2. Jangan mau dipungut biaya2 abal2 yang katanya biaya anggota baru lah, biaya kartu anggota lah, biaya point bonus lah, atau biaya2 yang ngak jelas arah dan tujuannya. MLM yang masih bertahan dan mendominasi telah memodifikasi system mereka menjadi MLM yang ramah lingkungan dan beretika katakan saja MLM itu seperti CNN. (tapi ya cuman itu kali yak MLM yang beretika di negri ini) hehehhek

3. Buat temen2 mahasiswa think thousand time lah buat wasting time and energy di MLM, mending uang kamu kamu tabung dulu terus buka usaha mandiri setelah lulus nanti…. saver and smarter I guess….

Ya sudahlah…. itu aja concerns gw tentang MLM, yang jelas be rational man…. nothing in this word that so easy and simple as bad MLM in indonesia…. be carefull and just be honest to yur self….