Lagi di POSKO IKPM Jogja Peduli merapi….. Jaga malem and ngak bisa tidur, mencoba merenung dalam tenangnya malam, tafakur dan berbagi pengalaman. Ada sebuah parameter baru yang baru gw kenal untuk mengetahui kapasitas seorang alumni gontor. Sebuah parameter yang gw dapet dari seorang senior dengan pengalaman bergelut dengan realita di masyarakat kurang lebih 11 tahun. Beliau memberikan sebuah parameter baru dengan bentuk pertanyaan; Hai sodara, kamu lulus gontor tahun berapa? sekarang kuliah di jurusan apa? Kebetulan ada beberapa teman sesama relawan Posko IKPM  seorang mahasiswa S2 Hukum Islam UIN, seorang mahasiswa semester akhir Teknik Nuklir UGM, Sastra Rusia UI, Teknik Sipil UII, dan gw sendiri Economics since UMY. Sounds strange to me, but its just as another motivation that depends on personal awareness.

Setelah mendapatkan jawaban kami, sepontan parameter beliaupun tertangkap kamera gw…. cieh elaaah….. “Broo kalau mau sukses dimasyarakat, then “be abnormal!!!”  beberapa ilustrasi terpapar, dimulai dengan cerita sahabat ansar, teori ekonomi tentang kewirausahaan, hikmah a magical word of Gontor called “PM” etc. The concussion is behave abnormally sometimes supporting us but some how it just merely a usual theorem.

Tetap referensi hidup seperti “man jadda wajada”, “innamal a’malu binniyah”, berlaku mutlak untuk semua orang dimana orang berilmu akan selalu dibutuhkan dan membutuhkan lahan untuk aplikasi apa yang mereka punyai. Dimana setiap orang mempunya definisi hidup yang berbeda. Good job fellaws!